Monday, February 24, 2014

Twister Quilt Blok Tutorial


                      

Sudah lama penasaran pengen bikin Twister ini, tanya ke beberapa toko quilting pada gak punya templatenya. Mau beli online kok ya males banget.

Kayaknya sih gampang aja buat templatenya, so cari cari tutorialnya ketemu ini http://yarn-or-fabric.weebly.com/how-to-make-an-acrylic-quilt-template.html

Aku pake ready cut square template produkcottage patch, udah ada beberapa ukuran.
Nyoba bikin 2 ukuran, 3,5 inch dan 4,5 inch.


Untuk yang 3,5 inch : buat 1 inch dari ujung kiri dan 1 inch di ujung kanan bawah, hubungkan dengan garis seperti foto di atas.
Buat juga 1 inch kanan atas dan 1 inch kiri bawah, hubungkan dengan garis.
Tutup kedua garis dengan isolasi bening agar garis tidak hilang atau mengotori kain.

Untuk yang 4,5 inch buat jarak 1,5 inch dari pinggir.


Sekarang cara membuat quilt blok nya ...

Buat nine patch blok ukuran 4,5 x 4,5 inch, dengan border 3 inch saja ... *punyaku 4 inch - terlalu lebar, wasting kain*



Letakkan template seperti gambar diatas, dengan tanda silang tepat di garis jahitan, potong sekeliling dengan roller cutter.
Lakukan hal yang sama untuk setiap pertemuan jahitan .. *duh bahasanya ...*
Ambil potongan potongan nya dan susun kembali seperti gambar di bawah, jahit sampai selesai.


Gunakan ukuran template yang lebih kecil dari ukuran blok, seperti yang aku pakai untuk blog menggunakan ukuran 4,5 inch maka template twister yang dipakai ukuran 3,5 inch.

Hasil jadi twister blok akan lebih kecil di banding blok sebelumnya.

Selamat mencoba...
Berikut ini tutorial di youtube : http://www.youtube.com/watch?v=KNxICsLAOrE




Friday, January 10, 2014

Bali Batik

Acara Golf tahunanbapak bapak IATMI KL 2013 ini di adakan di Bali lagi ...
Oh yesss ... I am in a mission ...
Harus berburu kain bali batik.. !!


Kain Bali batik always amaze me ... sukaaa banget ..
Warna warnanya menawan, design nya cantik
Siapa yang tahan kalo sudah di tokonya gini ..

Daaaan ... diriku kalap dengan sukses ..


Dideretan jalan Sulawesi di Denpasar ada banyak yang jual bali batik, tapi yang memang untuk quilting dan sering di datangi bule bule ada 2 toko.

Toko Maju di jalan sulawesi dan Toko Dewi Mas di jalan Gajah Mada, lokasinya berdekatan saja,antara Maju dan Dewi Mas bisa jalan kaki.

Thanks a million to Eny Kojiro my dear friend yang sudah ngantarin seharian ke toko kain ini ..
Denpasar sekarang macet berat, sudah kayak Jakarta aja, dari Hotel di daerah Jimbaran ke Denpasar bisa hampir 2 jam kalo pas jam sibuk. Makanya lebih baik datang pagi pagi ..
Toko buka jam 10 sampai jam 5 sore


Di Toko Maju dan Dewi Mas selain jual kain meteran juga jual fat quarter dan Jelly roll ...
Siap siap kalap yaa..


ini di toko Dewi Mas .. Heaven right ?


Semua mauuuuu ... semua pengeeeen ...


Aaaahhh ...

Desember 2013


Bulan Desember tidak banyak berkarya 

Desember awal harus ke Surabaya, ibukujatuh dan patah tulang bahunya ... hiks ..
Alhamdulillah sekarang sudah ok dan pulih kembali ..

Desember hanya sempat buat 2 dompet passport ini
satu pakai zip dengan kantong passport di dalam, lebih aman karena ada zip, jadi gak takut terjatuh tanpa sengaja.
satu lagi bentuk dompet 3 sisi dengan kanting kiri dan kanan, pakai velcro untuk kancingnya.

Cita citanya mulai Januari ini akan mulai berproduksi si dompet passport ini, mudah mudahan ada waktunya hehehe ...

so, yang mana yang anda suka ? dengan velcro atau dengan zip ?

Happy New Year 2014 and some project from 2013



Whoaaa ... it's 2014 already..
Dan terakhir posting di blog ini di bulan oktober ... 

ok deh, these are some of what I've done in November which I have not post in this blog ...


Order from hubby ... 
coin purse, small one and putter cozy
Pakai kain Bali Batik sisa sisa project sebelumnya



This one is dress for sweet little girl, 3 or 4 years old maybe ..
The pattern is from Japanese book, polanya simple dan nampak nyaman dipakai.
Selalu penasaran sama pola pola Jepang yang simple dan nyaman 



This cute baby girl is Kayla, Grace's daughter 
Wearing pink crochet bandana I made for her



And these are Indian fabrics from my dear friend Elvira in India, they are so gorgeous .. Love the color and the pattern.. 
Thanks so so much Phiphi ..
And some crochet tools and yarn I order from India.



Last are small things I made from the scraps ..
A macaroon pouch, a tissue cover for car and a table runner.
All are using the scraps from my last project.
yaaa ... aku gak pernah buang kain sisa sisa project, minimal 2 x 2 inch tetep disimpan ...

Happy New Year ....

Friday, October 11, 2013

Macet ?


Hola ...

Pas lagi enak enaknya ngerjain Mug Rug untuk Swap, lagi nge 'machine quilt' tiba tiba macet di tengah tengah. si even foot atau walking footnya nggak mau 'walking' alias nggak mau narik kainnya, jadi aja itu jarum njahit terus kecil keciiiil jelek banget ...

Setelah di amat amati ternyata gagang si walking foot ngak mau turun, alias tetep aja di atas kayakgambar ini.


di gambar ini sih udah agak turun, pas macet tadi dia bener benernggantung diem diatas. Yang seharusnya kan dia nempeldi bar bawahnya itu dan ikut naik turun sambil narik kainnya.



Hasil jahitannya jadi jelek banget kayak gambar diatas. Setelah di cek ternyata itu kait/ gagang si walking foot seret banget jadi aja macet di atas. 
Solusinya : semprot pake WD-40 ini, hasilnya si kait lemes kembali.


Atau kalau nggak punya si WD-40 bisa juga pake kontak cleaner ini.. semprot dikit daaan ... lancar lagi.


Semoga bermanfaat ..